8 Langkah Desain Jersey Bola Dengan CorelDraw

CorelDraw merupakan aplikasi komputer yang menggunakan garis vektor untuk proses editing gambar. Garis vektor ini memiliki kelebihan mampu memperbesar dan memperkecil gambar tanpa mengubah kualitasnya. Mempunyai warna-warna yang solid, cocok untuk bentuk-bentuk gambar sederhana seperti logo, nama.

Gambar yang dihasilkan oleh CorelDraw ini tidak kalah dengan gambar yang berbasis raster. Gambar berbasis raster ini dicirikan dengan nuansa warna dan bentuk yang dihasilkan lebih natural, lebih cepat dan lebih sesuai untuk ditampilkan ke layar monitor.

CorelDraw banyak dimanfaatkan orang untuk mendesain baju karena selain penggunaan CorelDraw mudah dipahami, program ini juga sangat bagus untuk mendesain logo atau simbol seperti yang terdapat pada Jersey futsal.

Desain Jersey bola memiliki banyak corak dan motif, Anda seorang yang baru belajar untuk mendesain Jersey bola, gak usah takut menghadapi tantangan ini, CorelDraw bisa membantu Anda untuk mendesain Jersey Bola sesuai keinginan Anda, program ini selain memiliki tool yang mudah dipahami juga mampu mengolah garis dan warna dengan 2 dimensi.

Untuk mempermudah pemahaman Anda dalam menggunakan CorelDraw sebagai program mendesain Jersey Bola Favorit Anda, silahkan perhatikan 8 langkah desain Jersey Bola dengan CorelDraw berikut:

  1. Membuka Aplikasi CorelDraw

Langkah Pertama Corel Draw

Sebelum membuka aplikasi Pastikan komputer Anda sudah memiliki CorelDraw, jika sudah punya silahkan klik Start kemudian All program, masuk ke CorelDraw. Setelah aplikasi CorelDraw terbuka, Anda akan bertemu dengan beberapa istilah yang muncul pada tampilan awal CorelDraw. Istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Quick start yaitu menu untuk memulai
  • What’s new yaitu menu tentang informasi-informasi terbaru dari program CorelDraw
  • Learning tool yaitu berupa tutorial atau cara-cara menggunakan aplikasi CorelDraw
  • Galery merupakan menu informasi tentang hasil karya desainer-desainer yang menyumbangkan hasil-hasil karyanya kepada situs resmi CorelDraw
  • Updates berupa link terupdate CorelDraw

Selain memahami istilah-istilah di atas, Anda juga harus paham tentang Bagian-bagian CorelDraw yang akan membantu Anda dalam proses desain Jersey Bola nantinya. Bagian-bagian CorelDraw tersebut adalah sebagai berikut:

  • Title bar berfungsi untuk menampilkan judul
  • Menu bar merupakan bagian menu yang terdiri dari: file, edit, layout, type,element, utilities, vie, windows, help dan toolbar
  • Window control berfungsi untuk menampilkan tampilan window corel draw seperti: minimize, maximize
  • Toolbox berfungsi untuk membuat, mengedit mengatur gambar desain Jersey bola yang akan Anda desain.
  • Drawing window berfungsi untung memodifikasi desain baju Jersey Anda
  • Ruler sangat membantu Anda untuk menentukan ukuran gambar
  • Color palette merupakan tempat warna-warna yang Anda butuhkan untuk mendesain Jersey Bola
  1. Buka lembaran baru pada CorelDraw seperti gambar berikut

Langkah Ke 2 CorelDraw

Setelah Anda membuka Aplikasi seperti gambar di Atas, Anda sudah bisa memulai untuk mendesain. Manfaatkan toolpen yang terdapat pada aplikasi untuk membantu Anda dalam merancang model desain Jersey Bola yang Anda inginkan.

  1. Membuat pola bagian badan dan lengan jersey

Buat pola bagian badan dan lengan Jersey Anda dengan menggunakan pola kotak seperti gambar berikut:

Kotak-kotak yang terdapat pada gambar bertujuan untuk Membantu Anda dalam mendesain Jersey Bola

  1. Membuat bagian leher/kerah baju Jersey Bola

Untuk membuat desain baju bagian leher, Anda dapat menggunakan toolshape. Anda boleh mendesain sesuai selera Anda, ada jenis kerah O ada berbentuk V. Jika Anda menginginkan model kerah Jersey Anda lebih santai buatlah dengan model kerah O.

Jika menginginkan lebih menarik lagi desain dengan model V kemudian tambahkan dengan desain-desain lain yang Anda sukai. Anda dapat membuat bentuknya dengan menggabungkan beberapa garis sehingga tidak perlu bingung dengan shape apa yang dipakai. Garis yang digabung sangat cocok untuk pemula.

  1. Modifikasi sketsa Jersey sesuai selera Anda

Jika sketsa Jersey sudah jadi, Anda modifikasi sketsa Jersey Anda dengan menggunakan toolpen atau rectangle tool. Buat desain Jersey Bola Anda yang unik dan menarik, buat model yang tidak pasaran sehingga hasil karya Anda akan lebih berkesan.

  1. Membuat Logo pada Jersey Bola

Logo dan nama sangat penting untuk menentukan identitas seseorang dalam klub pemain sepak bola, Jika anda suka olah raga, Anda bisa membuat logo dan nama Anda dengan menggunakan Aplikasi CorelDraw ini. Tool yang Anda gunakan untuk membuat logo Jersey bola adalah sebagai berikut:

  • Pick Tool berfungsi untuk merubah ukuran objek pada lembar kerja CorelDraw
  • Pen berfungsi untuk membuat garis dan gambar kurva
  • Rectangle tool yang dipakai untuk bentuk dengan dasar segi empat atau rectangle
  • Ellipse tool berfungsi untuk membuat objek yang berbentuk lingkaran
  • Polygon tool berfungsi untuk membuat objek berbentuk segi tiga, segi empat, segi lima dll
  1. Memberi warna sketsa Jersey

Jersey Bola umumnya memiliki banyak warna dan motiv, disini Anda boleh mengeluarkan semua kemampuan desain Anda untuk membuat hasil baju Jersey Anda menarik dan unik. Klik sketsa Jersey yang Anda buat kemudian beri warna sesuai pilihan yang tersedia di aplikasi.

  1. Simpan hasil desain Jersey bola Anda

Setelah anda selesai mendesain Jersey bola sesuai yang Anda inginkan, simpan hasil sketsa Anda dengan cara export sketsa dengan menekan tombol Ctrl E, pilih format file untuk menyimpan hasil sketsa Anda, setelah itu save

Demikianlah 8 Langkah Desain Jersey Bola Dengan CorelDraw, langkah-langkah yang sangat mudah untuk Anda praktekkan. Aplikasi ini sangat mendukung Anda untuk terus berkarya. Selalu tampil kreatif, ciptakan hasil yang unik dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *